ASETKU : SEBUAH BUKU PANDUAN BERTANI

    Selamat pagi kawan-kawan semua . Saya mau cerita sedikit mengenai buku yang baru saya beli. “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” dari penulis Paryanto. Beliau ini membuat buku ini sendiri dan tidak ada di pasar, toko buku ataupun Gramedia. Hal ini menurut saya membuat buku ini menjadi Ekslusif meski begitu buku ini cukup berisi dan yang paling penting terdapat resep untuk membuat pestida nabati/pesnab dan POC(Pupuk Organiak Cair).  Deangan adanya resep POC dan PESNAB tentunya buku ini ingin mengangkat masalah pertanian organik. Dimana beliau ingin menjelaskan bahwa kita sebagai manusia hendaknya menjaga kelestarian alam dengan menerapkan pertanian berbasis organik. Dengan pertanian organik manusia dapat hidup selaras dengan alam. Saya sendiri sangat tertarik mengenai pertanian organik dan terpadu. Hal itu dapat membantu membangun pertanian agar lebih mandiri. 
Nah, bagi kawan-kawan yang berjiwa muda dan ingin menjadi Petani sukses tapi tidak tau harus mengenai sektor pertanian ini sendiri. Sebaiknya kawan-kawan baca buku ini dulu deh. Karena pada buku ini akan dibahas apa saja faktor-faktor penting yang menentukan saudara untuk dapat panen yang melimpa. Bagi saya membaca buku ini seperti membaca ringkasan materi waktu saya menempuh pendidikan SMK-SPP N Samarinda. Buku  membahas hal-hal yang paling mendasar yang terkadang kurang diperhatikan para petani. 
Berdasarkan pengalaman saya membaca buku ini walaupun masih sebagian. Buku Panduan Bertani Anti Gagal merupakan buku yang saya cari-cari sejak dulu. Hal itu karena saya meinginkan sebuah buku  yang membahas secara sederhana aspek-aspek dalam bertani. Daripada saya membaca berbagai buku yang membahas satu aspek yang  sangat mendetail (Bikin pusing pala ni). Saya lebih menyukai membaca buku yang berisi gambaran besar seperti ini.
Jika di bandingkan dengan buku keluaran penerbit yang lain. Buku ini hanya membahas dasar-dasarnya jadi tidak hanya terfokus pada satu komoditas. Sebaiknya  anda membaca buku ini terlebih dahulu sebelum membaca mengenai budidaya pertanian yang lebih spesifik.
Oke, saya akan memberikan sedikit speksifikasinya.

1.       Judul buku                 : Buku Panduan Bertani Anti Gagal
2.       Penulis                        : Paryanto, SP.
3.       Penerbit                     : Gerbang Pertanian
4.       Tahun terbit              : 2015
5.       Tebal                            : 557 Halaman
6.       Harga                           : Rp ±220.000 (belum ongkir)


Keunggulan
    Materi yang cukup menarik bagi pengemar pertanian oranik
    Pembahasanya cukup mudah di mengerti.
    Memuat  prinsip-prinsip budidaya pertanian  yang berkelanjutan secara umum.
    Terdapat resep membuat pupuk organik,pestisida nabati yang dapat digunakan secara lansung.
    Ekslusif, karena tidak ada dipasaran
                                                                                                                                                                                                                                                         
Kelemahan
    Kertas yang digunakan agak tipis
    Jarak tulisan agak renggang. Hal ini membuat  banyak ruang kosong yng dapat di manfaatkan. Namun disisi lain membuat tulisan sangat jelas di baca dan nyaman.
    Hanya berisi ringkasan. Namun sangat cocok untuk anda yang tidak senang membaca banyak buku. Serta hampir tidak ada gambar
    Tidak terfokus pada satu komoditas



Tampilan dari buku dari luar. 







Kesimpulan
 Jadi menurut saya buku ini layak di baca bagi masyarakat yang tertarik mengenai usaha pertanian. Hal ini tentu karena buku ini banyak membahas mengenai dasar-dasar budidaya pertanian yang berkelanjutan. Sebaiknya Anda juga membaca buku lain sebagai penunjang buku ini.

NOTE : Mohon maaf jika ada kesalahan pada saat menuliskan nama, tempat dll. dan terim kasih atas kunjungan Anda. jika ada pertanyaan silahkan tanya di kolo komentar ya.











Komentar

Postingan Populer